Senar Pancing Untuk Ikan Kakap Yang Kuat Agar Tidak Mudah Putus

Pernah merasakan memancing ikan kakap babon tapi senar pancing yang dipakai putus? Jika pernah pastinya kalian sudah tau kan gimana perasaan hati pada saat itu.

Senar Pancing Untuk Ikan Kakap Yang Kuat Agar Tidak Mudah Putus

Lagi asik-asik narik ke pinggir malah bunyi tas, lebih sakit lagi apa bila ukuran ikan kakap yang dipancing sudah terlihat, pasti nambah puyeng mikirnya kan.

Memang jika ditanya teman sesama pemancing: Gimana rasanya narik ikan kakap tapi senar putus? Jawabannya pasti simpel, ah belum rejeki atau biasa saja ni tinggal pancing lagi.

Tapi dalam hati, tetap saja masih narok harapan dapat sambaran ikan kakap yang lebih besar dan landed sekaligus memikirkan senar yang kuat untuk mancing ikan kakap.

Nah apa bila kalian merasakan perasaan seperti diatas dan ingin mengetahui senar apa yang kuat untuk ikan kakap dan tidak mudah putus, sepertinya pas banget ni karena sebelumnya saya pribadi pernah mengalaminya bahkan bulak-balik.

Sedangkan senar pancing yang cocok untuk ikan kakap babon dan kuat, bukan hanya berasal dari merk saja, tetapi harus sesuai dengan tipe, ukuran dan yang paling utama adalah bahan pembuatannya.

Jika kalian hanya ingin mengetahui merk senar pancing yang kuat untuk mancing ikan kakap, kalian bisa mengunakan 3 merk ini:

  1. Double Ocean ukuran 0.35 keatas
  2. Proline bening ukuran 0.40 keatas
  3. Dan line nicke pro ukuran 0.30 keatas.

Sebagai tambahan, untuk ukuran merk senar pancing diatas kembalikan pada target ikan kakap yang akan kalian pancing. Bila ikan masih dibawah 5 harian, cukup gunakan senar pancing dengan ukuran 0.23 - 0.28.

Namun sebaliknya, jika target memang ikan kakap besar 1 KG an keatas, mulailah mengunakan senar pancing dengan ukuran diatas 0.35 minimal 0.45.

Itu juga bila saat kalian pancing yang nyambar ikan kakap ukuran 2 - 5 KG an, dan kembali pada permainan saat menariknya, bila masih asal tarik dengan kekuatan. Harap perhatikan reel dan joran pancing yang dipakai, karena bisa saja reel Ngelos atau juga Joran patah.

Intinya mengunakan senar pancing untuk memancing ikan kakap, ada pada bahannya. Untuk uraiannya, kalian gunakan senar dengan bahan Monofilament yang mengandalkan serat tunggal.

Jika kalian menarok keyakinan senar dengan bahan Fluorocarbon apa lagi Nylon, silahkan dicoba. Mungkin kuat, karena ukuran senar pancing melebihi bobot ikan kakap yang kena.

Perlu diketahui, tarikan ikan kakap bisa dikatakan melawan dan tidak mudah untuk kalah, kalaupun lemas membutuhkan waktu yang cukup.

Dan jika kalian mengunakan senar pancing dengan Bahan:

  • Fluorocarbon
    Ada banyak sekali serat di dalam senar, dengan begitu saat pertarungan menarik ikan kakap ke atas, satu-persatu akan putus. Bila terulang 3, 4 kali strike ikan kakap jelas serat utama tadi akan mulai kalah dan getas akhirnya putus.
  • Nylon
    Seperti pada umumnya senar dengan bahan Nylon, saat pertarungan menarik ikan senar akan molor memanjang. Bila bobot ikan dibawah kapasitas yang molor akan kembali seperti biasa, sebaliknya bila bobot ikan bertahan senar bahan Nylon yang molor tidak akan kembali lagi, disaat strike ikan kakap berikutnya akan lebih mudah putus.

Jadi, dengan beberapa ulasan diatas tentunya kalian para pemancing akan memahami tentang senar pancing bila akan khusus digunakan untuk ikan kakap babon.

Bukan sebaliknya, yang gonta-ganti mengunakan senar pancing. Dimana awalnya merasa senar tersebut kuat, tapi pas sedang strike malah putus.

Kesimpulan
Letak kekuatan senar pancing untuk memancing ikan kakap, bukan hanya berada pada merk senar yang berkualitas dengan harga mahal.

Tetapi tetap semuanya kembali pada diri kita yang mancing, semakin memahami pola ikan kakap dan berulang kali menaikan pastinya sudah tau apa penyebab senar pancing putus saat digunakan untuk narik babon ikan kakap. Sampai disini, semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Senar Pancing Untuk Ikan Kakap Yang Kuat Agar Tidak Mudah Putus"