Jam Makan Ikan Patin Kolam dan Liar, Pasti Tepat!

Jam makan ikan patin kolam dan liar pada sungai atau tambak memang memiliki waktu tersendiri, jadi wajar bila saat memancing tidak pas pada waktunya sering kali menunggu lebih lama untuk menyambar umpan yang dipakai.

Perhitungan jam makan ikan patin sederhana

Perhitungan jam makan ikan patin sederhana seperti ini, misalkan kalian mancing pada pukul 3 menjelang sore, padahal waktu untuk memakanya adalah pada jam 5 sudah dipasti kalian harus menunggu 2 jaman dari awal pemancingan dimulai.

Sama halnya bila dimulai pada pukul 9 pagi dan mulai makan jam 12, kalian pasti tetap menunggu lagi walaupun kadangkan kala tetap makan tapi tidak akan ganas karena waktu belumlah tepat.

Bila saatnya tiba, walaupun menunggu sejak jam 9an tadi maka ikan patin baru makan termasuk umpan yang digunakan, melewati batas waktunya nanti berhenti lagi untuk menunggu jam berikutnya disore hari.

Tapi sayangnya, untuk jam makan ikan patin dikolam dan alam liar itu berbeda-beda karena habitat menjadi kebiasaan dari pola ikan patin liar.

Sedangkan dikolam itu akan bergantung pada pemberian pakan diawal, dan akhirnya juga menjadi faktor kebiasaan.

Walaupun secara naluria untuk jam makan alami tetap timbul, tapi tetap dioptimalkan untuk apa yang sudah terbiasa dimakan.

Jadi bila kalian ingin tau waktu ikan patin mulai memakan umpan, perhatikan dulu pada lokasi pemancingan di alam liar atau kolam karena biasanya perselisihan akan sedikit.

Selisih tersebut berdasarkan kadar air dan pemberian pakan yang sudah biasa dilakukan, jadi kita ambil secara perhitungan jam pada alami saja dan yang pertama.

Jam Makan Ikan Patin Liar Sungai dan Tambak

Untuk memancing pada jam ikan patin liar akan kembali pada saat seperti malam, pagi, siang dan sore hari saat kalian akan memulai untuk meletakan umpan.

Pagi: Pada waktu ini ikan pada umumnya makan, hampir rata-rata memakan umpan apa saja yang ada didekatnya, untuk jam memulai adalah menjelang matahari terbit hingga setengah 8.

Tapi masih tergantung dengan suhu air, misalkan terang akan panas ini waktu yang tepat, sedangkan bila hujan atau mendung biasanya dimulai pada jam 7 sampai 8 atau menunggu panas dulu baru mulai.

Siang: Biasanya dimulai pada setengah 1 sampai jam 2, itu juga tidak lama hanya memakan waktu lebih kurang setengah jaman saja dan kembali pada suhu air bila panas bisa lebih lama hingga jaman 3.

Sore dan Malam: Dimulai setengah 6 hingga menjelang magrib waktu ganas sekali dan jam 7 berhenti.

Dilanjutkan malam pada jam 8 lewat hingga 11 malam, selanjutnya menunggu pagi.

Jam Makan Ikan Patin Kolam Peliharaan

Umumnya mengikuti pemberian pakan awal sedari kecil, kalian bisa mengecek langsung secara obrolan pada pemilik kolam dulu jam berapa biasanya memberikan pakan.

Diwaktu itulah paling tepat untuk memulai mancing ikan patin kolam.

Sedangkan bila diambil perhitungan secara umum, tetap saja sama seperti diatas tadi jam makan ikan patin liar karena memang itulah waktunya.

Bila ingin disesuaikan perhatikan dulu kadar airnya, bila suhu dingin ya pasti nunggu matahari panas, bila sudah hangat bisa dimulai pada pagi, siang, sore dan malam hari dengan perhitungan tersebut.

Tapi ikan pating kolam sering makan tanpa jam khusus? Memang benar, itu karena pemberian pakan tidak rata dimakan.

Saat mulai mancing terdapat beberapa ikan yang belum makan secara penuh, begitu ketemu umpan memang masih tetap dimakan.

Bila pemberian pakan sebelum mancing, maka tunggulah sekitar 6 jam paling ideal digunakan untuk memancing karena pada waktu ini sedang pas ikan patin memakan lagi.

Untuk memaksimalkan pemancingan dikolam gunakan Protein Powder Amino sebagai bahan racikan, dimana zat ini memang sangat kuat untuk perangsang ikan patin makan

Yang dibagikan untuk kalian diatas hanya sebatas pengalaman mempelajari pola akan memancing ikan patin, selamat mencoba dan semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jam Makan Ikan Patin Kolam dan Liar, Pasti Tepat!"