Ukuran Benang PE Untuk Casting, Jangan Salah Pilih Nomernya

Memilih ukuran benang PE untuk casting membutuhkan ketelitian, tanpa mengetahui dengan jelas bisa-bisa nantinya salah pilih dan menarok kejengkelan saat digunakan.

Memilih ukuran benang PE untuk casting

Hal yang sering terjadi adalah kebesaran yang digunakan tanpa disadari, walaupun awalnya sudah mengetahui dengan jelas spesifik dari ukurannya.

Pas digunakan barulah terasa mulai berat saat digunakan, apa lagi saat casting melemparkan Soft Frog atau juga Minnow bobot lebih berat di benang PE ketimbang umpannya.

Jadi waktu dilempar arahnya lurus, sebagian PE nya malah kebawah atau ketes tertekasan tidak imbanh.

Harusnya begitu umpan dilempar, sruttttt PE mengikuti umpan bukan sebaliknya entah itu beberapa bagian PE malah ke bawah, sedangkan saat digulung umpan seringkan melewati PE bukan karena joran custom yang salah tapi memang dari benang yang salah ukurannya.

Kok bisa salah memilih ukuran benangnya? Ya bisa karena ukuran yang tercantum pada table detail tentang kurang benang PE ada perusahaan yang membuat produk dengan hitungan mulai dari besar mengecil dan juga dari kecil menjadi besar, yang kebanyakan diketahui ya mulai dari nomer kecil ke besar padahal waktu merek benang PE yang dipilih itu hitungannya dari sedang ke besar atau malah besar ke kecil.

Hitungan gampangnya seperti ini, kita mulai dari Nomer yang sering dan pemilihan ukuran yang tepat untuk casting ikan Gabus dan Toman:

  • 0.6 / 0.12 mm / 10.5 LB / 5.2 kg.
  • 0.8 / 0.14 mm / 16 LB / 7.5 kg.
  • 1.0 / 0.16 mm / 15 LB / 6.8 Kg.
  • 1.2 / 0.18 mm / 26 LB / 12 Kg.
  • 1.5 / 0.20 mm / 30 LB / 15,1 Kg.
  • 2.0/ 0.23 mm / 33.6 LB / 16.8 Kg.

Ukuran diatas yang paling sering dipilih dan dipakai, hanya untuk yang sudah paham saja karena itu memang termasuk yang berukuran kecil, halus dan kuat standartnya benang PE.

Selain pemilihan ukuran diatas, masih banyak juga dengan ukuran menengah dan ke besar lagi seperti mulai dari hitungan Nomer 2.1 / 0.26 mm, 2.3 / 0.29 mm, 2.5 sampai 3.0 bahkan 4.0.

Nomer diatas dimulai dari kecil, sedang ke besar. Sedangkan bila kebaliknya tetap ada produk yang seperti itu contohnya begini:

  • 0.6 / 0.23 mm / 33.6 LB / 16.8 kg.
  • 0.8 / 0.20 mm / 30 LB / 15.1 kg.
  • 1.0 / 0.18 mm / 26 LB / 12 kg.

Nomer diatas hanyalah contoh, detailnya kebalikan mulai dari yang besar tapi urutannya mulai dari Nomer 1 besar dan 9 kecil, berbeda dengan yang banyak diketahui karena tau nya hanya mulai dari Nomer 1 kecil dan 9 besar.

Jadi yang salah itu pemahamnya, beranggapan bahwa beli yang Nomer 1 sudah kecil padahal itu paling besar, jadi memilih yang itu saja karena dimereknya mungkin yang banyak dipakai teman.

Sebagai saran
Bila memang kurang atau tidak mengerti dengan detail Nomer dan ukuran benang PE saat beli ditoko pancing, sebaiknya pilih dan bedakan langsung dari ukuran yang 1 dan yang lainnya atau langsung tanyakan kepada penjual ditokonya. Semogga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ukuran Benang PE Untuk Casting, Jangan Salah Pilih Nomernya"