Nama Ikan Predator Air Tawar Sungai

Nama ikan predator air tawar sungai, biasanya sangat sering para Angler untuk mendapatkannya, bahkan bisa dikatakan sudah banyak banget castinger dan pemancing tajur yang strike ukuran besar.

Nama Ikan Predator Air Tawar Sungai

Seperti biasanya, ada banyak sekali kelebihan untuk memancing ikan predator air tawar yang berada di sungai, mulai dari kecepatan menyambar umpan, hingga tidak perlu waktu yang lama untuk memancingnya.

Hanya saja, kekurangannya tidak bisa dibuat main-main saat memancingnya. Harus mengunakan peralatan yang jelas dan kuat untuk menahan gigi ikan predator sungai yang tajam.

Karena pada umumnya ikan predator air tawar sungai pasti memiliki gigi yang tajam, tak jarang pemancing yang strike tidak perlu waktu yang lama senar pancing putus. Bukan karena diameter mengunakan ukuran kecil, tapi kebanyakan memang senar tidak mampu melawan gesekan gigi yang tajam dari ikan predator sungai, jadinya Tassss langsung putus.

Sedangkan nama jenis ikan predator air tawar disungai, yang paling sering kita ketahui adalah Ikan Tapah, Belida, Sengarat, Bawal dan Buntal. Untuk yang sesekali ada juga di sungai seperti Gabus dan Toman, tapi jarang hanya pada bagian tertentu saja tapi tetap sering berada di rawa-rawa saja.

Sedangkan nama ikan predator yang lainnya, sangat sering dipancing tapi terbilang susah.

Sebut saja seperti ikan Tapah, bila masih berukuran kecil dibawah 5 jarian seringkali gerombolan layaknya ikan lais biasa. Untuk memancingnya cukup pakai Jangkrik dan tekhnik pelampungan sudah pasti strike, kalau sekali makan biasanya dalam jumlah yang banyak.

Akan tetapi, bila memasuki ukuran 1 kg an ke atas, nah baru sulit dipancing. Apa lagi masih mengandalkan umpan jangkrik sah dilewati saja, karena untuk memancing ikan tapah ukuran besar membutuhkan umpan hidup seperti anak ikan atau udang karena ini sudah termasuk ikan predator air tawar sungai.

Sedangkan untuk jenis ikan belida, walaupun ukuran kecil sebesar 3 jarian sudah bisa memakan umpan udang hidup dan ini sering di dapatkan para pemancing. Hanya saja karena ikan belida termasuk dilindungi jadinya hanya cukup rilies lagi.

Kalau ikan belida sudah besar, sah membutuhkan umpan hidup dan itu juga tidak sembarangan untuk dipancing, harus benar-benar yang mengetahui tekhnik mancing ikan belida barulah bisa strike.

Beda lagi dengan ikan sengarat, paling menjadi target buruan para castinger disungai, selain predator juga termasuk ikan bergigi tajam.

Untuk jenisnya hampir sama dengan ikan tapah, apa bila sudah berukuran besar justru lebih ganas memakan umpan hidup, hanya dengan minnow atau lure sudah tepat untuk mendapatkannya. Jika masih kecil ya tetap sama gerombolan seperti ikan lais biasa.

Untuk jenis Bawal dan Buntal aslinya bukan ikan predator air tawar sungai, hanya saja bila sudah berukuran babon di atas 1 kg an tetap memakan umpan hidup sekaligus gigi tajam yang tidak perlu diragukan lagi. Terutama ikan Buntal gigi seperti silet yang tidak membutuhkan waktu lama untuk memutuskan senar pancing.

Sedangkan untuk jenis Gabus dan Toman, memang juga ikan predator di air tawar juga termasuk bergigi tajam. Hanya saja yang memancingnya terbiasa para castinger karena memang jarang untuk ditajur, walaupun sesekali di dapat pemancing tajur biasanya tanpa disengaja saja.

Nah untuk kalian yang terbiasa memancing ikan predator air tawar sungai tadi, sebaiknya leader senar pancing ke simpul kail diberi tambahan, bisa sling kawat dan sebagainya. Tujuannya agar lebih tahan untuk menahan gesekan gigi ikan tersebut, setidaknya jangan langsung kail pancing termakan dan senar berada di giginya. Sampai disini semogga bermanfaat tentang nama ikan predator air tawar sungai.

Posting Komentar untuk "Nama Ikan Predator Air Tawar Sungai"