Umpan Ikan Kelabau Racikan Dan Buah

Ikan Kelabau - Biasanya menjadi target untuk mancing dan mengunakan berbagai macam umpan yang bisa mendapatkannya, tapi sekali kena pancing tarikannya lumayan terutama untuk ukuran yang sedang dan besar, salah-salah hanya akan membuat senar yang putus atau joran patah sekalian mata kail lurus dan kelabaupun terlepas.

mancing ikan kelabau hanya mengunakan umpan yang wangi atau makan alami

Nah untuk kalian yang sangat sering memancing ikan kelabau tapi tergolong sudah mulai susah dipancing dengan umpan yang biasanya kalian gunakan, maka tidak ada cara lain kecuali mengunakan umpan racikan yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui, mancing ikan kelabau hanya mengunakan umpan yang wangi atau makan alami yang biasanya adalah buah tapi bukan hanya digunakan begitu saja harus bisa membuat racikannya.

Namun sebelum kita buat umpannya perlu kalian ketahui dulu kalau Ikan Kelabau ada 2 jenis dimana yang satunya berwarna hitam pekat (gagak) dan yang satunya lagi biasa, kalau di daerah saya nama ikan kelabau yang berwarna hitam disebut ikan hitam untuk kalian yang mungkin berminat juga untuk membuat umpannya silahkan baca pembuatannya di artikel yang pernah saya tulis sebelumnya dibawah ini:

Umpan Ikan Saitam

Sedangkan untuk membuat atau mencari umpan ikan Kelabau yang biasa akan dibuatkan caranya disini saja.

Racikan Umpan Ikan Kelabau

Untuk membuat umpan racikannya ini ada 2 jenis, kalian tinggal coba untuk membuatnya sendiri lengkap dengan umpan tambahannya. Untuk racikan yang pertama silahkan siapkan dulu beberapa bahan di bawah ini:

  1. Tepung Terigu.
  2. Fernipam.
  3. Dan vanili.

Untuk mengolahnya, pertama ambilah gelas dulu lalu ambil Fernipam setengah sendok teh masukan ke dalam gelas lalu berikan 4 sendok air dan aduk sampai Fernipam larut, selanjutnya ambil wadah lalu masukan 3 sendok makan tepung terigu dan campurkan 1 sendok teh Vanili dan aduk sampai rata.

Setelah rata campurkan dengan air bertahap sambil diaduk, pertama 2 sendok saja lalu aduk selanjutnya 1 sendok sampai habis, aduk sampai rata bila sudah terasa sulit mengunakan alat langsung pakai tangan untuk mengaduknya bila di rasa sudah rata selanjutnya puntir mengunakan tangan kiri dan kanan kurang lebih sebesar pipet sedotan sedangkan panjangnya menyesuaikan saja karena proses terakhirnya akan di goreng.

Setelah kalian puntir dan jadi mirip pipet tunggulah mininal setengah jam, lalu coba tekan mengunakan telunjuk jari bila sudah lembut sudah bisa digoreng, mengoreng gunakan api yang kecil saja sampai sekiraanya masak.

Sedangkan untuk membuat racikan yang lainnya masih proses sama hanya menganti Vanili dengan Bubuk Susu saja bisa Biang atau Dancow. Untuk yang lainnya bisa langsung kalian beli roti tawar yang dipadatkan lalu di gunting-gunting untuk umpan, untuk beli rotinya banyak yang jual di toko.

Umpan Buah Alami Ikan Kelabau

Sedangkan bila kalian ingin mengunakan buah, hanya ada 2 buah saja yang bisa kalian gunakan dan beberapa cara mengunakannya, untuk yang pertama adalah Buah Sawit.

Untuk mengunakan Umpan Sawit ada beberapa tekhnik dalam pengunaanya, untuk yang pertama dan mudah cukup ambil Sawit yang sudah tua lalu iris mengunakan pisau karter sesuai dengan ukuran yang ingin kalian gunakan, sedangkan untuk sedikit rumit pertama ambilah 5 Buah Sawit tua lalu ambil kulitnya dan buang bijinya lalu tumbuk, supaya tidak repot tumbuk saja di kaleng susu mengunakan kayu yang sudah di bentuk terlebih dahulu.

Setelah Sawit hancur dan halus di tumbuk selanjutnya ambil kapas kurang lebih 3 suwiran saja atau secukupnya yang akan kalian gunakan tapi pastikan sedikit saja, setelah kapas siap campurkan ke Sawit yang sudah di tumbuk tadi lalu tumbuk lagi sampai kapas dan Sawit bercampur menjadi satu sampai disini selesai tinggal kalian gunakan.

Sedangkan untuk lainnya, ambil 10 Buah Sawit lalu rebus dulu sampai berubah warna, kurang lebih 1 jam setelah itu dinginkan dulu lalu peras untuk mengambil minyak sawitnya, kurang lebih caranya lengkapnya seperti di artikel ini:

Cara Ambil CPO Sawit

Setelah Minyak Sawitnya siap, tinggal kalian campur dengan Tepung Kanji (sagu) 5 sendok saja atau secukupnya yang kalau ada sisa Minyak CPO Sawitnya bisa kalian simpan untuk kemudian hari. Sedangkan buah lainnya untuk mancing ikan Kelabau cukup gunakan buah dari pohon Para (Karet) yang masih mengkal tapi di bakar dulu sampai bau wangi kuat dari Buah Para (karet) tercium kuat, untuk mengunakannya cukup di iris langsunh sesuai ukuran.

Kesimpulan
Diatas semuanya untuk umpan ikan kelabau, kalian tinggal sesuaikan dan mudah untuk kalian buat dan mengunakannya, sedangkan untuk takara dan pembuatan selanjutnya bisa langsung di sesuaikan dengan selera kalian karena pembuatan racikan ikan kelabau pastinya kalian juga sudah memiliki rekomendasi yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Kelabau Racikan Dan Buah"