Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan? Ini Sebab Yang Sering Ditemukan!

Penyebab ikan nila tidak mau makan umpan, sudah pasti ada permasalahannya yang tanpa disadari dan tidak mencari tau bisa seperti itu.

Karena pada umumnya umpan yang digunakan untuk mancing nila

Karena pada umumnya umpan yang digunakan untuk mancing nila, sudah jelas tetap dimakan terutama untuk kita yang sudah terbiasa memancingnya.

Untuk mencari penyebabnya, kalian bisa memperhatikan dulu umpan yang digunakan, misalkan awalnya dimakan tapi berselang digunakan lain waktu tidak mau lagi, yang seperti ini sah ada masalahnya.

Tapi kalau masih baru mengunakan umpan racikan dan tidak mau dimakan, sepertinya ini umum saja karena mungkin memang yang dipakai itu tidak menarik untuk dimakan atau berbeda dengan yang biasa ditemukannya terutama untuk di alam liar.

Pada umumnya, umpan ikan nila alami adalah Lumut.

Selain itu masih mau bila mengunakan cacing sampah dan jangkrik kecil, sedangkan racikan harus memahami takaran pembuatannya dengan tepat karena ini tidak bisa sembarangan dalam prosesnya.

Sedangkan bila umpan yang digunakan sudah pas dan tepat, tinggal mencari tau penyebabnya tapi berbeda lokasi akan berbeda juga ini sebabnya contohnya dikolam atau alam liar.

Penyebab Ikan Nila Liar Tidak Mau Makan Umpan

Bila lokasi pemancingan ikan nila dialam liar yang tidak mau memakan umpan yang kita gunakan, pastikan yang dipakai itu sudah benar misalnya: Umpan Lumut pastikan yang digunakan memang halus dan makannya.

Karena memang ada Umpan tidak dimakan ikan nila contohnya yang kasar, dan juga bila di habitatnya sudah ada banyak lumut pastinya bila dipakai tidak akan dimakan.

Selain itu perhatikan kadar air seperti selepas hujan atau mendung, karena bila suhu air dingin memang hampir semua ikan susah makan.

Bila beberapa masalah diatas sama sekali tidak ada, nah baru ini pasti ada penyebabnya tinggal perhatikan bagian pinggir airnya terdapat bekas kaki atau tidak, kalau iya bisa jadi ikan nilanya Di setrum jadi habis atau diputas (racuni) orang.

Penyebab Ikan Nila Kolam Tidak Mau Makan Umpan

Sedangkan kalau untuk yang dikolam, bila umpan yang digunakan sudah pas dan tepat biasanya karena rembesan.

Karena air rembesan bisa saja mengadung zat yang membuat ikan nila stress, sehingga tidak mau memakan apa saja yang ada sehingga makin kurus dan lemas.

Contohnya seperti ini, didekat kolam terdapat comberan yang biasanya digunakan untuk mencuci pakaian atau sabun seperti Rinso, detergen dan sebagainya lama kelamaan zat akan merembes ke air kolam dan berefek pada ikan nila yang ada.

Bila tidak ada comberan, perhatikan pohon yang dipupuk seperti Kelapa Sawit atau tanaman sayuran, bisa jadi pupuk yang digunakan menyatu ke tanah dan merembes ke air.

Beberapa penyebab diatas biasanya tanpa disadari, setelah ketemu penyebabnya barulah sadar mengapa ikan nila kolamnya tidak mau makan umpan.

Sedangkan untuk permasalahan dikolam lainnya, adalah pengaruh umpan yang digunakan, karena ada beberapa umpan racikan yang dilarang untuk digunakan.

Bila umpannya tidak boleh digunakan dan masih dipakai tentu saja akan berefek pada ikannya seperti stress dan lemas, jadi umpan apapun yang dipakai tidak akan dimakan lagi oleh ikan nila.

Posting Komentar untuk "Ikan Nila Tidak Mau Makan Umpan? Ini Sebab Yang Sering Ditemukan!"