Kenapa Senar Pancing Tidak Tenggelam, Ini Loh Sebabnya!

Pemancing pasti pernah mengamalan senar pancing yang mengambang dan tidak mau tenggelam diair, terutama untuk memancing di kolam pemancingan begitu umpan dilempar senar hanya terlihat permukaan air saja.

kenapa senar pancing yang ia gunakan tidak mau tenggelam

Padahal terdapat banyak Cara Tenggelamkan Senar Pancing, mulai dari Ukuran Diameter yang digunakan hingga Merek Senar Pancing apa yang dipakai saat memancing tersebut.

Namun kebanyakan Angler, hanya jadi pertanyaan saja kenapa senar pancing yang ia gunakan tidak mau tenggelam, walaupun sudah digoyang-goyang ujung joran pancing tapi tetap lama dan terkesan masih mengambang saja.

Senar pancing yang seperti ini, sudah gampang menebaknya, karena memang ada kualitas dari merek yang digunakan.

Bila sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari senar yang digunakan, pastinya akan santai saja karena sudah mengetahui penyebabnya.

Nah untuk kalian yang mengkin penasaran dan ingin mengetahui sedikit penjelasan dari sesama pemancing, disini akan kita bahas yang umum saja penyebabnya.

Pertama: Penyebab umumnya yang terjadi adalah mengunakan Senar pancing berbahan Nylon dengan kualitas apa adanya, biasanta jenis yang seperti ini akan memberikan daya ringan yang berlebihan terutama untuk ukuran 0.07 sampai 0.12.

Karena saking ringanya membuat tanpa daya untuk tenggelam ke air, berbeda dengan jenis Fluorocarbon atau Monofilament terkesan dengan kekuatan yang memang mengandalkan Serabutan membesar dan mono (satu) serat saja.

Jadi pengunakan Nylon wajar bila mengambang dan susah tenggelam diair, tapi jangan salah untuk Senar Nylon dengan kualitas yang lumayan tetap mudah juga untuk tenggelam.

Kedua: Pengunaan senar pancing terjemur dibawah terik matahari, yang seperti ini biasanya akan terjadi pemasan pada bagian dalam senar yang menyerap terlebih dahulu.

Saat digunakan pas menyentuh air bagian serat senar pancing akan mengeluarkan panas, jadinya akan bertahan lebih lama untuk tenggelam ke dalam dan bertahan beberapa saat dipermukaan dulu.

Ketiga: Senar yang digunakan terlalu lemas, perlu diketahui standart perusahan yang membuat produk senar pancing, ada yang memang dikhususkan untuk sangat mudah tenggelam contohnya Speckle Bunglon dan German Strand Invobility dan lain sebagainya.

2 jenis senar pancing yang disebutkan tadi sangat cepat untuk tenggelam, tanpa butuh hitungan waktu perdetik begitu dilemparkan umpan pelampung tegak senar akan masuk ke dalam air.

Namun bila begitu lemas bisa mengakibatkan terlalu ringan, jadinya akan sulit untuk tenggelam ke air.

Solusi Diatas: Mulai dari tahap awalnya, mengoyangkan ujung joran pancing supaya bisa langsung dibahasi dengan air, dan juga bila mancing diterdapat lumpur bisa langsung mengulung melalui seretan dan pastinya akan lebih baik lagi.

Tapi sebenarnya tidak ada solusi yang jitu untuk membuat senar lebih cepat tenggelam, selain menganti dengan yang sesuai kualitasnya, dengan begitu tercapailah keinginan hati tanpa tanda tanya lagi kenapa senar pancing tidak mau tenggelam di air.

Posting Komentar untuk "Kenapa Senar Pancing Tidak Tenggelam, Ini Loh Sebabnya!"